install OpenSuse 11.0

Open Suse, salah satu distribusi Linux yang cukup populer di Indonesia. Banyak juga miling list, atau situs- situs dan forum tentang Open Suse yang menggunakan Bahasa Indonesia. Jadi kita dengan mudah dapat mencari informasi tentang Open Suse di Internet.
Gw juga mulai tertarik dengan Open Suse, kemarin gw coba download OpenSuse 11.0 yang merupakan versi terbaru Open Suse. Distribusi Linux yang menggunakan lambang bunglon hijau ini memiliki tampilan yang sangat ciamik, indah ga kalah dengan Ubuntu.
Malah boleh dibilang lebih colorful dibanding Ubuntu. Kemarin gw coba download yang KDE live Cd, trus gw coba untuk jalanin live cd nya.
Proses awal bootingnya memang terkesan lama sekali,bisa lebih dari 15 menit. Entah mengapa?? Setelah gw sabar menunggu, munculah tampilan dari Open SUse 11.0 KDE,
Gw cukup berdecak kagum, ternyata desktop awalnya indah. Bisa dibilang hampir sama dengan MAC OSX. Langsung gw coba otak-atik tuh Open SUse, buka-buka aplikasinya yang sudah terinstall. Wah ternyata cukup lengkap juga, Pengolah kata ada, Pemutar lagu ada, Pemutar Video ada,.


Akhirnya coba gw pertama kali tuh jalanin aplikasi pemutar lagu, namanya Amarok. Ternyata sama seperti Ubuntu, aplikasi Amarok tidak dapat langsung menjalankan file-file audio, mp3,dll. Masih ada codec-codec yang belum terinstall. Cukup kecewa juga sih. Kalau begitu gw harus coba cari codec-codecnya. Tapi tidak terlalu sulit, karena dengan bantuan “Om Google” gw bisa searching-searching tuh codec.
Namun ada hal yang masih gw bingung, ternyata HardDisk yang ada partisi Windows gw, ga kebaca di OpenSuse, dalam kasus ini gw masih ga ngerti. Masih cari cara biar bisa ngebaca.
Ternyata OpenSuse beda dengan UBuntu yang cukup dengan Mount media, otomatis harddisk akan terbaca.

Buat loe yang mau download OpenSuse bisa klik disini Download OpenSuse 11.0

2 komentar:

Timontius Pangestu mengatakan...

Suse teh bukannya makanan ?, he3 makanan melulu..

admin mengatakan...

hahaha.. bisa aja,, itu mah sushi...
bukan Suse....
coba dong install suse jangan pake "Jendela"

hehehehe...
thanks ya,,

Posting Komentar